Dhani, Syntia Rahma (2020) Model TGT Berbasis Kartu Soal Dalam Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Sekolah Menegah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141032 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 2151141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
3. NIM. 2151141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 2151141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 2151141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 2151141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 2151141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2151141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM. 2151141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 2151141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangin oleh rendahnya kemampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran tari Cek Minah Sayang, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa dibawah KKM yaitu 75, demikian pula cara guru melaksankan pembelajaran yang masih bersifat konvensional yaitu metode ceramah saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Team Games Tournament Berbasis Kartu Soal pada pembelajaran tari Cek Minah Sayang dalam upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teori model pembelajaran M. Fathurrohman yang mengandung langkah-langkah model Team Games Tournament, jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Design yaitu Pretest-Posttest Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk essay berjumlah 10 soal yang sudah diuji validasi butir item. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diproleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,67 dan nilai rata-rata posttes sebesar 90. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 34,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 67,34. Peningkatan kemampuan belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model Team Games Tournament Berbasis Kartu Soal yaitu 80% sedangkan kemampuan belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model Team Games Tournament Berbasis Kartu Soal yaitu 47%. Data yang diperoleh dengan analisis uji t yaitu thitung > ttabel (3,580 > 1,694) Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan hasil kemampuan belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Team Games Tournament Berbasis Kartu Soal pada siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Team Games Tournament; Kartu Soal; Kemampuan Belajar; Cek Minah Sayang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 05:44 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45037 |