Ramadhani, Fahmi (2021) Analisis Miskonsepsi Mata Pelajaran Matematika dengan CRI (Certainly of Response Index) di kelas IV SDN 102051 Mangga Dua T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111040_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1172111040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 1172111040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1172111040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1172111040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1172111040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1172111040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 1172111040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1172111040_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 1172111040_BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM. 1172111040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab miskonsepsi yang dialami siswa siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK di SDN 102051 Mangga Dua, Kec. Tanjung Beringin, Kab. Serdang Bedagai. Penelitian ini berjudul “Analisis Miskonsepsi Mata pelajaran Matematika dengan CRI (Certainly of Response Index) di kelas IV SDN 102051 Mangga Dua T.P 2020/2021”. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN 102051 Mangga Dua T.P 2020/2021 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes esai berjumlah 5 soal yang disertai dengan CRI (Certainly of Respon Index) dan wawancara. Prosedur penelitian pada penelitian ini meliputi 1) Pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pelaksanaan, dan 4) Penyelesaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK. Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi dilihat dari keseluruhan soal yang dikerjakan adalah siswa mengalami miskonsepsi operasi 8,3%, siswa mengalami miskonsepsi sistematis 25%, siswa mengalami miskonsepsi hitung 91,6%, dan siswa mengalami miskonsepsi konsep 50% dari keseluruhan siswa yang mengalami miskonsepsi. Penyebab miskonsepsi adalah reasosing yang tidak lengkap dari informasi yang didapat dari sumber belajar dan minat dan kemampuan siswa kurang pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-229 |
Keywords: | Miskonsepsi; Certainly of Response Index; FPB dan KPK; Konsepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44931 |