KARAWISTHA, NINDYA SUCI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 050671 KP. GOHOR KABUPATEN LANGKAT T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173111070_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 1173111070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 1173111070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 1173111070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 1173111070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 1173111070_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 1173111070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 1173111070_BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. NIM. 1173111070_BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 1173111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik, guru masih menggunakan media gambar dan belum pernah mengembangkan media berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran game edukasi ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 pada Tema 6 Subtema 1 di kelas V SD Negeri 050671 Kp. Gohor Kabupaten Langkat.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas V sebagai praktisi pendidikan dan siswa kelas V SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game edukasi ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, praktisi pendidikan sebesar 95,5% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba perorangan sebesar 92% dan uji coba kelompok kecil sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi ular tangga berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Tema 6 Subtema 1 di kelas V SD Negeri 050671 Kp. Gohor Kabupaten Langkat layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukasi Ular Tangga, Adobe Flash CS6 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:18 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44491 |