Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 1 Medan

Ainin, Qurratu (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8214071009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8214071009 COVER.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8214071009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8214071009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8214071009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8214071009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8214071009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8214071009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8214071009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8214071009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8214071009 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8214071009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8214071009 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8214071009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8214071009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8214071009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8214071009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8214071009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8214071009 BIBLIOGRAPHY  .pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8214071009 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Plomp. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa X-MIA-8 dan X-MIA-10 SMA Negeri 1 Medan T.A. 2021/2022. Hasil dari proses pengembangan model pembelajaran ini adalah (1) model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash beserta perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori valid; (2) kriteria kepraktisan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash menggunakan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) kriteria keefektifan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Budaya Batak dan Adobe Flash berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,89%; (b) kriteria pencapaian penggunaan waktu pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; (c) kriteria pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik; dan (d) banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ain p
Keywords: Penelitian Pengembangan; Model Pembelajaran; Think Talk Write; Budaya Batak; Adobe Flash; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:23
Last Modified: 10 Jan 2022 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44358

Actions (login required)

View Item
View Item