NATASHYA, ARULISTHA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1). NIM 7163344005 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2). NIM 7163344005 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
3). NIM 7163344005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
4). NIM 7163344005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5). NIM 7163344005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6). NIM 7163344005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7). NIM 7163344005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8). NIM 7163344005 BAB I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
12). NIM 7163344005 BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13). NIM 7163344005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dalam penerapan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Model Pembelajaran Contextual Teacing and Learning Pada Mata Pelajaran Korespondensi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2020/2021. Waktu penelitian dilakukan ialah pada semester Ganjil T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 71
siswa dan terdiri dari 2 kelas. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Sampel Jenuh, sampel yang digunakan ialah X AP 1 sebagai kelas Eksperimen I yang berjumlah 34 siswa dan X AP 2 sebagai kelas Eksperimen II yang berjumlah
37 siswa. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reabilitas, tingkat
kesukaran dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data kelas Eksperimen I nilai rata-rata pre-test 39,11 dan post-test 83,97. Sedangkan kelas Eksperimen II nilai rata-rata pre-test 37,43 dan post-test 81,08. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dan variabel yang menggunakan model Active Knowledge Sharing diperoleh thitung = 1,894 sedangkan ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, thitung > ttabel
(1,894 > 1,667), serta nilai sig <α (0,062 < 0,05). Sedangkan variabel yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning diperoleh nilai thitung = 1.889 dengan ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, thitung > ttabel (1,889 > 1,667) serta nilai sig <α (0,063 < 0,05). Dengan membandingkan kedua nilai tersebut dapat disimpulkan thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar Korespondensi yang diajarkan
dengan menggunakan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih berpengaruh dibanding dengan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas X AP di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dan Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44253 |