Wahyuningtyas, Zaria Triana (2021) Pengaruh Model PBL Berbasis SAVI Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi di SMAN 1 Aek Kuo. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196174001 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 8196174001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM 8196174001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM 8196174001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM 8196174001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM 8196174001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM 8196174001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM 8196174001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 8196174001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM 8196174001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM 8196174001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis SAVI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem koordinasi di SMAN 1 Aek Kuo. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan randomized pretes-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model PBL berbasis SAVI, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 3 menggunakan model pembelajaran konvensional. Total sampel adalah 69 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Kemampuan berpikir tinhkat tinggi dan keterampilan proses sains dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dan uji lanjut Tukey’s dengan taraf signifikan = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan model PBL berbasis SAVI, PBL dan konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 12,61; P= 0,000 ) dan terhadap keterampilan proses sains (F=11,70; P= 0,000 ). Nilai rata-rata postes kemampuan berpikir tingkat tinggi lebih tinggi dengan model PBL berbasis SAVI lebih baik/tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensional. Nilai rata-rata postes keterampilan proses sains PBL berbasis SAVI tidak berbeda signifikan dengan model pembelajaran PBL namun lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Wah p |
Keywords: | PBL berbasis SAVI; PBL; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 10:08 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44185 |