Handayani, Sastri (2021) ANALISIS LITERASI DIGITAL DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH TAKSONOMI HEWAN INVERTEBRATA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141063 COVER.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
2. NIM 4173141063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM 4173141063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
4. NIM 4173141063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
5. NIM 4173141063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
9. NIM 4173141063 BAB I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM 4173141063 BAB V.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
14. NIM 4173141063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi literasi digital dalam pemanfaatan e-resources mahasiswa program studi pendidikan biologi pada mata kuliah taksonomi hewan invertebrata Universitas Negeri Medan berdasarkan aspek pencarian di internet (internet searching), pandu arah hypertext (hypertext navigation), evaluasi konten (content evaluation), dan penyusunan pengetahuan (knowledge assembly). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2019 sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diperoleh melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas A dan C. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi digital mahasiswa pada mata kuliah taksonomi hewan invertebrata tergolong tinggi (65%). Jika dilihat dari setiap aspek maka aspek pencarian di internet (internet searching) termasuk dalam kategori tinggi (81%), aspek pandu arah hypertext (hypertextual navigation) termasuk dalam kategori tinggi (72%), aspek evaluasi konten (conten evaluation) termasuk dalam kategori rendah (52%), dan aspek penyusunan pengetahuan (knowledge assembly) termasuk dalam kategori tinggi (67%). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa kompetensi literasi digital membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi, mengelola, mengevaluasi, dan mensintensis informasi yang diperoleh dari internet guna membangun pengetahuan baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 201 |
Keywords: | Literasi digital; Taksonomi; Hewan invertebrata; Pencarian di internet; Pandu arah hypertext; Evaluasi konten; Penyusunan pengetahuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 01:57 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44022 |