ANALISIS KESULITAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Fadilla (2021) ANALISIS KESULITAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173141023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173141023 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173141023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173141023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173141023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173141023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173141023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173141023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173141023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173141023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173141023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173141023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173141023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dan kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 yang dialami guru biologi di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2021 di SMA Negeri se-Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif campuran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMA Negeri se-Kota Tebing Tinggi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif dengan mengikuti konsep yang meliputi tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan yang dialami oleh guru biologi dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi tergolong dalam kategori cukup sulit. Kendala yang dialami guru biologi dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain masih kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian autentik, jumlah siswa yang banyak menjadi kurang objektif dalam melakukan penilaian terutama dalam penilaian afektif, kesulitan dalam pembuatan instrumen penilaian afektif, keharusan melakukan penilaian dari awal hingga akhir KBM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 182
Keywords: Guru; Penilaian autentik; Kurikulum 2013; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:04
Last Modified: 30 Nov 2021 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43964

Actions (login required)

View Item
View Item