Fadilla (2021) ANALISIS KESULITAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141023 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4173141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM 4173141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM 4173141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 4173141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4173141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 4173141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4173141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dan kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 yang dialami guru biologi di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2021 di SMA Negeri se-Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif campuran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMA Negeri se-Kota Tebing Tinggi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif dengan mengikuti konsep yang meliputi tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan yang dialami oleh guru biologi dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi tergolong dalam kategori cukup sulit. Kendala yang dialami guru biologi dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain masih kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian autentik, jumlah siswa yang banyak menjadi kurang objektif dalam melakukan penilaian terutama dalam penilaian afektif, kesulitan dalam pembuatan instrumen penilaian afektif, keharusan melakukan penilaian dari awal hingga akhir KBM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 182 |
Keywords: | Guru; Penilaian autentik; Kurikulum 2013; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 09:04 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43964 |