PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEUKAN PIDIE

Mainisa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEUKAN PIDIE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126175010 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126175010 Cover.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126175010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126175010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126175010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126175010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126175010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126175010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126175010 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126175010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126175010 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126175010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126175010 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126175010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126175010 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126175010 Bab I.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126175010 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126175010 Bab V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126175010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126175010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan keterampilan generik sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui keterampilan generik sains antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dan siswa yang mempunyai kreativitas rendah. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajarn inkuiri dengan kreativitas terhadap kererampilan generik sains siswa pada materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group-pre-test- dan post-test. Populasi penilitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Peukan Pidie T.A. 2013/2014 sebanyak 5 kelas (152 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-4 yang ambil secara Cluster random sampling. Kelas X-1 diajar dengan model pembelajaran Inkuiri (kelas Eksperimen) dan kelas X-4 diajar dengan pemelajaran konvensional (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupas tes keterampilan generic sains dan tes kreativitas. Data dianalisis menggunakan SPSS 17, hasil penguji hipotesis ANAVA 2 jalur sebagai berikut: (1) Model pembelajaran Inkuri lebih baik dalam meningkatkan keterampilan generik sains siswa dari pada pembelajaran konvensional. (2) Keterampilan generik sains siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik disbanding dengan siswa yang mempunyaui kreativitas rendah. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Inkuiri denga pempelajaaran konvensional dan kreativtas terhadap keterampilan generik sains siswa. Persem [emomglatam letera,[o;am generik sains untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada penigkatan keterampilan generic sains kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 535.071 2 Mai p
Keywords: Kreativitas; Optik; Pembelajaran inkuiri; Generik sains; Pembelajaran konvensional; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item
View Item