Mainisa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEUKAN PIDIE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126175010 Cover.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. 8126175010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. 8126175010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. 8126175010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. 8126175010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. 8126175010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126175010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. 8126175010 Bab I.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
10. 8126175010 Bab V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
11. 8126175010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan keterampilan generik sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui keterampilan generik sains antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dan siswa yang mempunyai kreativitas rendah. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajarn inkuiri dengan kreativitas terhadap kererampilan generik sains siswa pada materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group-pre-test- dan post-test. Populasi penilitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Peukan Pidie T.A. 2013/2014 sebanyak 5 kelas (152 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-4 yang ambil secara Cluster random sampling. Kelas X-1 diajar dengan model pembelajaran Inkuiri (kelas Eksperimen) dan kelas X-4 diajar dengan pemelajaran konvensional (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupas tes keterampilan generic sains dan tes kreativitas. Data dianalisis menggunakan SPSS 17, hasil penguji hipotesis ANAVA 2 jalur sebagai berikut: (1) Model pembelajaran Inkuri lebih baik dalam meningkatkan keterampilan generik sains siswa dari pada pembelajaran konvensional. (2) Keterampilan generik sains siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik disbanding dengan siswa yang mempunyaui kreativitas rendah. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Inkuiri denga pempelajaaran konvensional dan kreativtas terhadap keterampilan generik sains siswa. Persem [emomglatam letera,[o;am generik sains untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada penigkatan keterampilan generic sains kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535.071 2 Mai p |
Keywords: | Kreativitas; Optik; Pembelajaran inkuiri; Generik sains; Pembelajaran konvensional; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4396 |