Lubis, Nur Azizah (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA FLASH DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176012 Cover.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. 8116176012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. 8116176012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4. 8116176012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. 8116176012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. 8116176012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8116176012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 8116176012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. 8116176012 Bab I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
10. 8116176012 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8116176012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media flash dan pembelajaran Konvensional, mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah dan mengetahui ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Semester II T.P 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 60 orang yang ditentukan dengan random sampling, yaitu X-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media flash sebanyak 30 orang dan X-1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket motivasi. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media flash lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada pembelajaran Konvensional, hasil belajar fisika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media flash dan motivasi belajar saling mempengaruhi dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Lub e |
Keywords: | Advance organizer; Metode eksperimen; Media flash; Belajar bermakna; Pembelajaran konvensional; Komputer; Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4391 |