PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI KETERAMPILAN PESERTA DIDIK MATERI USAHA DAN ENERGI

Simanullang, Risdayani (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI KETERAMPILAN PESERTA DIDIK MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161121021 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161121021 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161121021 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161121021 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161121021 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161121021 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161121021 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161121021 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161121021 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161121021 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161121021 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161121021 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161121021 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161121021 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161121021 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161121021 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen yang baik, meliputi validitas, tanggapan para validator serta reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model ADDIE, dengan tahapannya yaitu tahap analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 15 Medan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa instrumen penilaian Lembar Tugas Proyek valid dengan nilai CVR adalah 1 dan memenuhi kriteria baik yaitu ≥ 0,99 dengan jumlah validator 5 orang. Instrumen yang dikembangkan dinyatakan reliabel dengan perolehan nilai rata-rata kesepakatan antar rater adalah 0,994 dan masuk dalam kriteria sangat baik, sedangkan nilai reliabilitas untuk masing-masing rater konsistensinya adalah 0,982 dengan kriteria sangat baik. Produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 88%, ahli evaluasi sebesar 95%, respon guru sebesar 96%, ahli praktisi I sebesar 97%, dan ahli praktisi II sebesar 98%, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik pada uji keterbacaan sebesar 93% dengan kategori sangat layak, untuk uji coba lapangan sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, reliabilitas dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis proyek berupa lembar tugas proyek layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 135
Keywords: Lembar tugas proyek; Penilaian autentik; Usaha; Energi; Project based learning; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:54
Last Modified: 22 Nov 2021 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43893

Actions (login required)

View Item
View Item