Sakdiah, Halimatus (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUKAN HANDOUT DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PENGETAHUAN SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS). Masters thesis, UNIMED.
1. 8126175006 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2.8126175006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. 8126175006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. 8126175006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. 8126175006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. 8126175006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. 8126175006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. 8126175006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. 8126175006 Bab I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
10. 8126175006 Bab V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
11. 8126175006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan inquiry training berbantukan media handout dan direct instruction, (2) keterampilan proses sains siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas di bawah rata – rata, dan (3) interaksi inquiry training menggunakan media handout dan direct instruction dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara eksperimen ini menggunakan siswa SMA Swasta Prayatna sebagai populasi dan memilih sampel secara cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes essay berbasis keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: ada perbedaan keterampilan proses sains (1) antara siswa yang diajarkan dengan inquiry training berbantukan media handout dan direct instruction, dimana inquiry training berbantukan handout lebih baik dari pada direct instruction. (2) antara kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas dan di bawah rata – rata, dimana sikap ilmiah di atas rata – rata lebih baik dari pada di bawah rata – rata dan (3) Terdapat interaksi antara inquiry training berbantukan media handout dan direct isntruction dengan sikap ilmiah siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dimana interaksi pada kelas direct instructional lebih baik dari pada interaksi pada kelas inquiry training berbantukan media handout.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sak e |
Keywords: | Handout; Inquiry training; Direct instruction; Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4388 |