PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN T.A. 2020/2021

Siregar, Subhanri (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4144411001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4144411001 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4144411001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4144411001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4144411001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4144411001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4144411001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4144411001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4144411001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4144411001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4144411001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4144411001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4144411001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4144411001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4144411001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4144411001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui Problem Based Learning dengan Realistic Mathematic Education (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui Problem Based Learning ditinjau dari level metakognisi (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui Realistic Mathematic Education ditinjau dari level metakognisi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 2 Pangururan T.A 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan mengambil secara acak dari 5 kelas yang ada dengan cara pengundian. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 3 soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen PBL sebesar 24,68 dan nilai rata-rata kelas eksperimen RME sebesar 22,59. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t sepihak dengan dk = 61 dan  = 0,05, diperoleh thitung= 3,100 dan ttabel = 1,670 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,100 > 1,670 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yag diajar dengan Realtistic Mathematic Education di SMP Negeri 2 Pangururan T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 195
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Realtistic mathematic education; Metakognisi; Persegi panjang; Persegi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:30
Last Modified: 17 Nov 2021 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item
View Item