STUDI LITERATUR : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Hutasuhut, Risky Damayanti (2021) STUDI LITERATUR : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143311036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143311036 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143311036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143311036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143311036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143311036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143311036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143311036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143311036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143311036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143311036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143311036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143311036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan sejak masih di sekolah dasar sehingga banyak peneliti yang melakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik agar dapat membantu proses pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Banyaknya pengembangan perangkat pembelajaran tematik inilah yang mendasari penelitian ini untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah studi literatur dimana data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti buku, jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik bersifat variatif. Penerapan perangkat pembelajaran tematik yang telah dikembangkan tersebut akan membiasakan siswa untuk berpikir kritis dari hari ke hari. Oleh karena itu semakin baik pengembangan perangkat pembelajaran tematik yang dilakukan dalam mendukung meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa maka semakin baik juga peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 278
Keywords: Berpikir kritis; Pembelajaran tematik; Lembar aktivitas siswa; Rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:13
Last Modified: 15 Nov 2021 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43730

Actions (login required)

View Item
View Item