Hutasuhut, Risky Damayanti (2021) STUDI LITERATUR : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143311036 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM 4143311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 4143311036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4143311036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4143311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4143311036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. NIM 4143311036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4143311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan sejak masih di sekolah dasar sehingga banyak peneliti yang melakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik agar dapat membantu proses pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Banyaknya pengembangan perangkat pembelajaran tematik inilah yang mendasari penelitian ini untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah studi literatur dimana data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti buku, jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik bersifat variatif. Penerapan perangkat pembelajaran tematik yang telah dikembangkan tersebut akan membiasakan siswa untuk berpikir kritis dari hari ke hari. Oleh karena itu semakin baik pengembangan perangkat pembelajaran tematik yang dilakukan dalam mendukung meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa maka semakin baik juga peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 278 |
Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran tematik; Lembar aktivitas siswa; Rencana pelaksanaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 05:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43730 |