Situmorang, Masni Veronika (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP SWASTA METHODIST PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174013 Cover.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 8126174013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. 8126174013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. 8126174013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. 8126174013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 8126174013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 8126174013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 8126174013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 8126174013 Bab I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
10. 8126174013 Bab V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
11. 8126174013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Swasta Methodist Pematangsiantar yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMP Swasta Methodist Pematangsiantar; dan (2) Pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMP Swasta Methodist Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 3 kelas dengan jumlah 35 orang siswa yaitu kelas VIII-A sebagai kelas dengan pembelajaran Problem Based Learning, kelas VIII-B sebagai kelas dengan pembelajaran Learning Cycle, dan kelas VIII-C sebagai kelas dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 item; dan (2) tes berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan anakova dan anava 2 jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitin diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMP Swasta Methodist Pematangsiantar, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 74,95±11,386, Problem Based Learning 81,33±10,23, dan Konvensional 68,19±10,24, dengan Fhitung = 13,280; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMP Swasta Methodist Pematangsiantar, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 73,29±11,69, Problem Based Learning 79,57±10,39, dan Konvensional 66,43±10,19, dengan Fhitung = 12,717; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Sit p |
Keywords: | Ekosistem; Learning cycle; Berpikir kritis; Belajar mengajar; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 00:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4372 |