Novira, Indy (2021) ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111031 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4173111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM 4173111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM 4173111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 4173111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
9. NIM 4173111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM 4173111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 4173111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis tentang pengaruh pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dimana etnomatematika yang diaplikasikan sesuai dengan budaya daerah setempat dan materi ajarnya serta untuk mengetahui kelebihan model/pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap jenjang SD, SMP dan SMA, dimana etnomatematika yang diterapkan dapat disesuaikan pada materi yang tepat untuk diajarkan. Pendekatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berhubungan dengan konteks dunia nyata berdasarkan pada kebudayaan setempat sehingga nilai budaya yang menjadi bagian dari karakter bangsa tertanam sejak dini dalam diri siswa yang berupa terciptanya rasa atau sikap cinta tanah air (nasionalisme).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 211 |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Etnomatematika; Komunikasi matematis; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 09:17 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43708 |