TINJAUAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Sembiring, Eliezer (2021) TINJAUAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311029 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil analisis kepustakaan penelitian-penelitian terdahulu mengenai aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan meninjau dan menganalisis pengetahuan, gagasan atau temuan yang terdapat didalam literatur sehingga memberikan informasi teoritis dan ilmiah terkait tinjauan aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan sumber data yang dianalisis diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan aktivitas belajar siswa memberikan hasil yang berbeda pada tiap sumber. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi karena adanya tindakan perbaikan yang dilakukan peneliti dalam sumber data yang dianalisis, yang memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Adapun tindakan tambahan yang dilakukan peneliti pada sumber data sebelumnya untuk memperbaiki proses pembelajaran diantaranya: (1) Guru lebih memaksimalkan kerjasama kelompok dengan memberi himbauan untuk saling membantu dalam mengerjakan LKPD (2) Guru meminta untuk memberikan penilaian antar teman di dalam kelompok (3), Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran (4) Guru melakukan perubahan pada tinggal bertamu yaitu dua peserta didik bertamu ke satu kelompok yang sama. (5) Guru membimbing sepenuhnya dalam membuat kesimpulan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 202
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran aktif; Two stay two stray; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:45
Last Modified: 10 Nov 2021 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43687

Actions (login required)

View Item
View Item