Syahril (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI BIOLOGI DI SMA NEGERI TANJUNGMORAWA. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33077-8126174019 Judul.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Bab I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
UNIMED-Master-33077-8126174019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar dan retensi biologi siswa pada materi ekosistem di kelas X SMAN Tanjungmorawa. Populasi penelitian ini terdiri dari 9 kelas (342 siswa). Sampel kelas X-1 yang berjumlah 39 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 39 siswa untuk kelas kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Variabel penelitian independent pembelajaran berbasis multiple intelligences dan variabel dependent yaitu hasil belajar dan retensi biologi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian uji Fh= 0,000, p=0,05, sehingga model pembelajaran berbasis multiple intelligences berpengaruh secara simultan dan signifikasi terhadap hasil belajar biologi siswa. Hasil pengujian secara sub struktur pada masing-masing variabel penelitian diketahui bahwa kecerdasan interpersonal memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 16,24%. Hasil uji Fh=0,00, p=0,05, model pembelajaran berbasis multiple intelligences berpengaruh secara simultan dan signifikasi terhadap retensi belajar biologi siswa. Pengujian secara sub struktur masing-masing variabel penelitian diketahui kecerdasan kinestetik memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap retensi siswa 24,60 %. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (74,47±7,49>55,64±7,55). Retensi siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan retensi siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata retensi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai retensi siswa pada kelas eksperimen. (61,54±7,53 > 49,48±7,69).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sya p |
Keywords: | Retensi; Multiple intelligences; Kecerdasan matematis-logis; Pembelajaran biologi; Kecerdasan naturalis; Kecerdasan interpersonal; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4366 |