Nugraha, Rio (2020) MODEL PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DENGAN MENGGUNAKAN PENTATONIC BLUES DI SMK NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2133140032 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2133140032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 2133140032 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 2133140032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 2133140032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM 2133140032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 2133140032 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2133140032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
13. NIM 2133140032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
12. NIM 2133140032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
proses pembelajaran gitar elektrik, serta mengetahui metode yang digunakan
dalam pembelajaran gitar elektrik dengan menggunakan pentatonic blues dan
untuk mengetahui bagaimana materi yang disampaikan dalam pembelajaran gitar
elektrik di SMK Negeri 11 Medan. Dalam pembahasan penelitian ini berdasarkan
pada landasan teoritis yang menjelaskan tentang teori pembelajaran, model
pembelajaran, hasil belajar, teori gitar elektrik, pentatonic blues skill dalam
permainan gitar, dan tentang improvisasi dalam permainan instrument Musik.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif. Sample pada penelitian ini adalah populasi, karna
populasi tidak banyak maka akan menjadi sample pula. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa yang mengambil konsentrasi belajar gitar elektrik dan guru
yang mengajar gitar elektrik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi lapangan, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan. Dari hasil
penelitian ini dapat diperoleh proses pembelajaran yang dilakukan memberikan
efek yang lebih cepat dalam siswa dapat memahami pembelajaran gitar elektrik
saat guru menyampaikan materi disertai progresi akord atau dangan contoh lagu.
Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran gitar elektrik menggunakan
pentatonic blues ialah metode ceramah, tanya-jawab, demonstrasi, latihan atau
drill, dan pemberian tugas. Materi yang disampaikan dalam pembalajaran gitar
elektrik di SMK Negeri 11 Medan yaitu dari pentatonic scale yang dibagi menjadi
tiga, ada pentatonic mayor, ada pentatonic minor dan ada pentatonic blues.
Pemahaman terhadap setiap scale bahwa memiliki keunikan dan
pengaplikasiannya sendiri serta lick klasik blues.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran; Gitar Elektrik; Pentatonic scale; Pentatonic Blues; Blues Klasik Lick |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43602 |