Sari, Lili Nur Indah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED DI SMP MUHAMADDIYAH 03 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171017 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8126171017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. 8126171017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 8126171017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. 8126171017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 8126171017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. 8126171017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126171017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126171017 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171017 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
11. 8126171017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran open ended dan pembelajaran biasa, (2) untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP 03 Muhammadiyah Medan berakreditasi A dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VIIIc (kelas eksperimen) dan kelas VIIId (kelas kontrol). Instrumen divalidasi terlebih dahulu, maka hasilnya menunjukkan bahwa (1) untuk tes kemampuan koneksi matematis adalah valid dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk tes kemampuan berpikir kreatif adalah valid dengan kriteria tnggi. (2) koefisien realibilitas untuk tes kemampuan koneksi matematis adalah 0,73 dengan kategori tinggi, sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 0,79 dengan kategori tinggi. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran open ended lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan tingkat kemampuan siswa terhadap peningkatan koneksi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Peneliti menyarankan: (1) agar pembelajaran open ended menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan berpikir kreatif siswa, (2) perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai, (3) agar selektif dalam memilih materi yang diajarkan dengan pembelajaran open ended karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan pembelajaran open ended.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar p |
Keywords: | Koneksi matematis; Berpikir kreatif; Pembelajaran ekspositori; Open ended; Pendidikan matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4338 |