Siregar, R. Maisaroh Rezyekiyah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS DAR AL-MAARIF KOTAPINANG MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171028 Judul.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. 8126171028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
3. 8126171028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. 8126171028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. 8126171028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 8126171028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. 8126171028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 8126171028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 8126171028 Bab I.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
10. 8126171028 Bab V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
11. 8126171028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, (2) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa, (5) proses jawaban matematis siswa menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Dar AL-Maarif Kotapinang, dengan mengambil sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan pendidikan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pendekatan pendidikan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa, (5) Proses jawaban matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran langsung. Direkomendasikan pendekatan PMR sebagai alternatif dalam mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sir p |
Keywords: | Kemandirian; Matematika realistik; Pemecahan masalah; Pembelajaran langsung |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4330 |