PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN KARTU DOMINO DI KELAS VII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI

Simanjuntak, Maslina (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN KARTU DOMINO DI KELAS VII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126171020 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126171020 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126171020 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126171020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126171020 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126171020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126171020 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126171020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126171020 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126171020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126171020 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126171020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126171020 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126171020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126171020 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126171020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126171020 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126171020 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126171020 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126171020 Bab V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126171020 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126171020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) Proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran konvensioal dan pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino. Penelitian ini penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, dan sampelnya dipilih secara acak. VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan tes kemampuan representasi dan komunikasi matematis berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,923 untuk tes kemampuan representasi dan 0,887 untuk tes komunikasi. Analisis data dengan uji statistik anava 2 jalur. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, (5) Proses jawaban siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Saran: (1) Untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau dalam penelitian ini dan mendesain bahan ajar serta instrumen yang lebih lebih baik lagi. (2) Peneliti lebih lanjut hendaknya benar-benar memperhatikan keterbatasan penelitian ini sehingga dapat mencari alternatif untuk mencari solusi dari keterbatasan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sim p
Keywords: Representasi matematis; Komunikasi tertulis; Pembelajaran kooperatif; Think talk write; Kartu domino; Strategi pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4329

Actions (login required)

View Item
View Item