Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Media Focusky dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam

Mentari, Rona Rezky (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Media Focusky dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176142017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176142017 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176142017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176142017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176142017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176142017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176142017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176142017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176142017 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176142017 TABLE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176142017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176142017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176142017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176142017  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176142017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176142017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176142017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176142017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan media focusky dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan Uji N Gain skor, Uji-t satu sampel dan uji koefisien determinasi.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelas sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil enggunakan teknik purposive sampling adalah jenis pengambilan sampel dimana peneliti memilih unit sampel berdasarkan tujuan penelitian tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji pengujian diperoleh Sig. (2. tailed) < α (0,000 < 0,05) maka Ha diterima, yakni hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan focusky lebih tinggi dari pada standar KKM yang telah ditetapkan di sekolah. (2) Uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar variasi variabel moderator bisa menjelaskan seluruh varian dari variabel terikat.
Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,842 atau sama dengan 84,2%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel aktivitas berhubungan terhadap
variabel hasil belajar sebesar 84,2%. Sedangkan sisanya (100% - 84,2% = 15,8%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak
diteliti. Dengan demikian nilai R Square semakin mendekati angka 1, maka hubungan tersebut akan semakin kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.390 72 Men p
Keywords: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Focusky, aktivitas siswa, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 09:07
Last Modified: 23 Sep 2021 09:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43257

Actions (login required)

View Item
View Item