Siregar, Mia Yolanda (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ikhwanul Muslimin Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196171008 COVER.docx.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8196171008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
3. NIM. 8196171008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 8196171008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 8196171008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 8196171008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 8196171008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 8196171008 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 8196171008 CHAPTER II.docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. NIM. 8196171008 CHAPTER III.docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 8196171008 CHAPTER IV.docx.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
12. NIM. 8196171008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 8196171008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended; dan 3) Bagaimana kualitas video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis siswa 4) perbedaan kemampuan penalaran dan berpikir matematis siswa yang diajarkan menggunakan video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended dengan kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan tahap kedua mengujicobakan video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Ikhwanul Muslimin Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 14,64; 2) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 7,29; 3) Video pembelajaran dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis sudah valid, praktis dan efektif; 4) Rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis kelas pendekatan Open Ended sebesar 80,38 dan rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis kelas pembelajaran biasa sebesar 63,53 sehingga terdapat perbedaan sebesar 16,85. Maka kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa di SMP Ikhwanul Muslimin Medan. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematis kelas pendekatan Open Ended sebesar 76,38 dan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematis kelas pembelajaran biasa sebesar 65,00 sehingga terdapat perbedaan sebesar 11,38. Maka kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa di SMP Ikhwanul Muslimin Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Sir p |
Keywords: | pengembangan video pembelajaran; model ADDIE; Pendekatan Open Ended; penalaran matematis; berpikir kritis matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43228 |