Nasution, Nurus Syahri (2020) Efektivitas Penggunaan Media Adobe Animate Cc Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII MTs AL-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111029 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 2153111029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2153111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 2153111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 2153111029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 2153111029 TABLE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 2153111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 2153111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 2153111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
13. NIM. 2153111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 2153111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media adobe animate cc terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyyah Tembung tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model two group post-tes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 367 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pusposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pengolahan data, bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks fabel menggunakan media power-point tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 70,10, standar deviasi 11,19 dan standar error 1,94. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel menggunakan media adobe animate cc tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 84,44, standar deviasi 7,75 dan standar error 1,35. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian, dilanjutkan pada pengujian hipotesis dengan uji “t”, dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 33, diperoleh ttabel = 1,99. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel yaitu 6.04 >1,99, sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dari uji hipotesis juga menunjukkan bahwa media pembelajaran adobe animate cc berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyyah Tembung tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Adobe Animate Cc; Menulis Teks Fabel |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 11:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 11:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43208 |