Saputri, Lilis (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI GEOMETRI BERBANTUAN WINGEOM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171018 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8126171018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
3. 8126171018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. 8126171018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 8126171018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. 8126171018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. 8126171018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 8126171018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. 8126171018 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171018 Bab V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
11. 8126171018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat, sedangkan sampelnya terdiri dari 39 siswa pada kelas VIII-a dan 39 siswa pada kelas VIII-b. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, pretes dan postes kemampuan spasial, serta angket self efficacy. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan reliabilitas 0,948 untuk kemampuan awal matematika, dan 0,772 untuk tes kemampuan spasial, serta 0,944 untuk self efficacy. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial data dilakukan dengan ANAVA Dua Jalur dan deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan self efficacy siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan spasial siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan self efficacy siswa, (5) Proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan spasial yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Sap p |
Keywords: | Kemampuan spasial; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran biasa; Media pembelajaran; Self efficacy; Wingeom; Komputer |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4311 |