Lesmana, Ervira Dwi (2020) Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2163111015 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. NIM. 2163111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
3. NIM. 2163111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 2163111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 2163111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
6. NIM. 2163111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM. 2163111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. NIM. 2163111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
12. NIM. 2163111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM. 2163111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 255 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VII-4 (kelas eksperimen) berjumlah 31 siswa dan kelas VII-2 (kelas kontrol) berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe post-test only control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Nilai rata-rata post-test siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 85,58 dengan kategori sangat baik dan sudah memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 73,56 dengan kategori baik namun belum memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas eksperimen Lhitung< Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data post-test kelas eksperimen adalah (0,1370< 0,1591), hasil uji normalitas data post-test kelas kontrol adalah (0,1144< 0,1566). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis surat pribadi adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,96<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 5,01> 2,04, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS efektif diterapkan dalam pembelajaran surat pribadi dan dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model ARCS; Model Konvensional; Surat Pribadi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 09:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43046 |