Hikmi, Risky (2020) . Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142016 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8176142016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 8176142016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 8176142016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM. 8176142016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM. 8176142016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 8176142016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 8176142016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM. 8176142016 BAB I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
13. NIM. 8176142016 BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 8176142016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (2) kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (3) kelayakan multimedia yang telah dikembangkan berdasarkan standart kelayakan multimedia interaktif;(4 hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire; (5) motivasi belajar siswa yang dibelajarkankan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire. Penelitian menggunakan metode R & D model ADDIE. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MAN 3 Langkat. Sampel penelitian siswa kelas XI-IPA 1 dan IPA-2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian adalah (1) angket BSNP berbasis masalah; (2) angket multimedia interaktif; (3) tes hasil belajar siswa; dan (4) angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan Statistik uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat memiliki kategori layak namun pada kelayakan penyajian berbasis masalah masih kurang layak (2,27) sedangkan pada media kelayakan penyajian masih kurang layak (2,95); (2) Bahan ajar yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,82 kelayakan bahasa 3,8 kelayakan penyajian 3,82 dan kelayakan penyajian berbasis masalah 3,87; (3) Multimedia yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,69 dan kelayakan penyajian 3,86; (4) Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,00>77,14) dengan kategori rata-rata hasil belajar diatas KKM; (5) Rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,98>77,20) dengan kategori termotivasi. Bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.307 2 Hik p |
Keywords: | Bahan ajar; multimedia interaktif lectora inspire; hasil belajar; motivasi; kesetimbangan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 10:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43026 |