. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Hikmi, Risky (2020) . Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176142016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176142016 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176142016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176142016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176142016  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176142016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176142016  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176142016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176142016  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176142016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176142016  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176142016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176142016  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176142016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176142016  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176142016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176142016  BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176142016 BAB I.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176142016  BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176142016 BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176142016  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176142016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (2) kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (3) kelayakan multimedia yang telah dikembangkan berdasarkan standart kelayakan multimedia interaktif;(4 hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire; (5) motivasi belajar siswa yang dibelajarkankan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire. Penelitian menggunakan metode R & D model ADDIE. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MAN 3 Langkat. Sampel penelitian siswa kelas XI-IPA 1 dan IPA-2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian adalah (1) angket BSNP berbasis masalah; (2) angket multimedia interaktif; (3) tes hasil belajar siswa; dan (4) angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan Statistik uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat memiliki kategori layak namun pada kelayakan penyajian berbasis masalah masih kurang layak (2,27) sedangkan pada media kelayakan penyajian masih kurang layak (2,95); (2) Bahan ajar yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,82 kelayakan bahasa 3,8 kelayakan penyajian 3,82 dan kelayakan penyajian berbasis masalah 3,87; (3) Multimedia yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,69 dan kelayakan penyajian 3,86; (4) Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,00>77,14) dengan kategori rata-rata hasil belajar diatas KKM; (5) Rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,98>77,20) dengan kategori termotivasi. Bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.307 2 Hik p
Keywords: Bahan ajar; multimedia interaktif lectora inspire; hasil belajar; motivasi; kesetimbangan kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jul 2021 10:04
Last Modified: 22 Jul 2021 10:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43026

Actions (login required)

View Item
View Item