AMBARITA, HELEN DINA ULLY (2020) PENGEMBANGAN EVALUASI E-LEARNING BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA KELAS XI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3161121021 COVER.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
2. NIM. 3161121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
3. NIM. 3161121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM. 3161121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 3161121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
6. NIM. 3161121021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
7. NIM. 3161121021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
8. NIM. 3161121021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
9. NIM. 3161121021 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 3161121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
14. NIM. 3161121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas dari pengembangan evaluasi e-elearning berbasis aplikasi kahoot untuk mata pelajaran sejarah materi pendudukan jepang di Indonesia kelas XI di SMA. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan R&D dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carrey yang meliputi langkah-langkah Pertama: deskripsi pendahuluan (analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum, melakukan analisis pembelajaran, dan merumuskan tujuan khusus), Kedua: deskripsi perencanaan (menyusun instrument assment, mengembangkan strategi pelaksanaan pembelajaraan, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran), Ketiga: deskripsi validasi dan uji coba (hasil validasi ahli, uji coba, keefektifan media). Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli evaluasi pembelajaran mencapai 95% dengan kategori samgat valid, validasi ahli media mencapai 91% dengan kategori sangat valid presentase untuk keefektifan penggunaan produk. Sedangkan kelayakan uji coba produk masing-masing 59% untuk uji kelompok kecil, 80% untuk uji coba kelompok sedang dan 94% untuk uji coba besar. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan produk Aplikasi Kahoot dapat memperkuat daya nalar atau tingkat berpikir siswa untuk belajar secara mandiri serta menghasilkan proses pembelajaran sejarah lebih efektifitas, efesiensi pada peningkatan kualitas kognitif pada pembelajaran sejarah di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Learning, Kahoot, Pembelajaran Sejarah. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 13:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 13:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42861 |