Sasmita, Vera (2021) Pengaruh Interaksi Sosial dan Kemampuan Berbahasa Anak terhadap Kesantunan Bahasa Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri 06 Sei Muka Kecamatan Talawi Kab. Batubara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182055 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8176182055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM 8176182055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 8176182055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 8176182055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 8176182055 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8176182055 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8176182055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8176182055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
13. NIM. 8176182055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 8176182055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh interaksi sosial dan kemampuan berbahasa anak terhadap kesantunan bahasa siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 06 Sei Muka Kecamatan Talawi Kab. Batubara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SD Negeri 06 Sei Muka sebanyak 205 orang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner untuk variabel interaksi sosial dan kesantunan bahasa, dan tes pilihan ganda untuk variabel kemampuan berbahasa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Analisis ini digunakan untuk mencari pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen, dalam hal ini untuk menentukan besaran pengaruh dari variabel interaksi sosial (independen satu) terhadap kesantunan bahasa (dependen), dan variabel kemampuan berbahasa (independen dua) terhadap kesantunan bahasa (dependen), serta mencari pengaruh secara bersama-sama (independen) yang lebih dari satu terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini diperoleh variabel Interaksi Sosial memiliki pengaruh positif terhadap Kesantunan Bahasa. Hasil analisis data untuk pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kesantunan Bahasa adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 27,531 > ttabel 2,063. Perolehan data untuk pengaruh Kemampuan Berbahasa terhadap Kesantunan Bahasa adalah sebesar 0,024 < 0,05 dan nilai thitung 2,431 > ttabel 2,063. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, variabel Kemampuan Berbahasa berpengaruh terhadap Kesantunan Bahasa. Sedangkan hasil analisis data untuk pengaruh Interaksi Sosial dan Kemampuan Berbahasa secara bersama terhadap Kesantunan Bahasa adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 349.654 > Ftabel 3,39, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh Interaksi Sosial dan Kemampuan Berbahasa secara bersama terhadap Kesantunan Bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Sas p |
Keywords: | pengaruh; interaksi sosial; kemampuan berbahasa; kesantunan bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 09:51 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42820 |