Ginting, Febi Febrika (2020) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163141013 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM. 4163141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
3. NIM. 4163141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 4163141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 4163141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4163141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM. 4163141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4163141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MAN 2 Model Medan, dan efeknya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi empirik tentang: 1) keterampilan berpikir kritis dan 2) hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.P 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model inkuiri terbimbing. Desain penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan
pembelajaran biologi di dua kelas paralel selama bulan Februari-April 2020. Pada masing-masing kelas dilakukan pembelajaran biologi sebanyak 3 (tiga) pertemuan. Keterampilan berpikir kritis diukur setelah pembelajaran menggunakan intrumen tes essay. Kemampuan kognitif diukur menggunakan
teknik pretest dan posttest menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kategori sangat kritis ditemukan pada aspek memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar, kategori kritis pada aspek memberi penjelasan lanjut dan mengatur strategi dan taktik, dan kategori cukup kritis dalam aspek membuat kesimpulan. hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing terjadi peningkatan hasil belajar pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 127 |
Keywords: | Pembelajaran biologi; Inkuiri terbimbing; Berpikir kritis; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 16:01 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 16:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42567 |