KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2019/2020

Ginting, Febi Febrika (2020) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163141013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163141013 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163141013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163141013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163141013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163141013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163141013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163141013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163141013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163141013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163141013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MAN 2 Model Medan, dan efeknya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi empirik tentang: 1) keterampilan berpikir kritis dan 2) hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.P 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model inkuiri terbimbing. Desain penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan
pembelajaran biologi di dua kelas paralel selama bulan Februari-April 2020. Pada masing-masing kelas dilakukan pembelajaran biologi sebanyak 3 (tiga) pertemuan. Keterampilan berpikir kritis diukur setelah pembelajaran menggunakan intrumen tes essay. Kemampuan kognitif diukur menggunakan
teknik pretest dan posttest menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kategori sangat kritis ditemukan pada aspek memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar, kategori kritis pada aspek memberi penjelasan lanjut dan mengatur strategi dan taktik, dan kategori cukup kritis dalam aspek membuat kesimpulan. hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing terjadi peningkatan hasil belajar pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 127
Keywords: Pembelajaran biologi; Inkuiri terbimbing; Berpikir kritis; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 16:01
Last Modified: 17 Jun 2021 16:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42567

Actions (login required)

View Item
View Item