Alwaliyyu, Rafi (2020) PERANAN MATA KULIAH MICRO TEACHING TERHADAP PELAKSANAAN MATA KULIAH MENGAJAR TERBIMBING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162141004 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 4162141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 4162141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
4. NIM. 4162141004 PREPACE.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
5. NIM. 4162141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 4162141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
13. NIM. 4162141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
14. NIM. 4162141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk mencetak calon guru yang berkompetensi. Program yang sudah dijalankan dan merupakan aplikasi dari KKNI di Universitas Negeri Medan untuk meningkatkan kompetensi calon guru adalah dengan memberikan mata kuliah Micro Teaching dan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching harus memberikan kontribusi yang besar bagi pelaksanaan mata kuliah Mengajar Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching dan Mengajar Tebimbing serta untuk melihat hubungan antara tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching dengan pelaksanaan Mengajar Tebimbing. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif jenis studi korelasional. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanakaaan mata kuliah Micro Teaching sebesar 73% pada kategori tinggi sedangkan pada indikator-indikator yang terdapat pada mata kuliah Micro Teaching sebanyak enam indikator ada pada kategori tinggi dan satu indikator pada kategori cukup. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Mengajar Terbimbing sebesar 62,5 % pada kategori tinggi sedangkan pada indikator-indikator yang terdapat pada mata kuliah Mengajar Terbimbing sebanyak tiga belas indikator ada pada kategori tinggi dan dua indikator pada kategori cukup. Ada hubungan yang signifikan antara tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching dengan tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan Mengajar Terbimbing dengan koefisien korelasi sebesar 0,82, uji t yaitu thitung (11,28) > ttabel (1,999) dan kontribusi Micro Teaching terhadap pelaksanaan Mengajar Terbimbing sebesar 67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 093 |
Keywords: | Micro teaching; Mengajar terbimbing; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 00:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 00:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42559 |