Simbolon, M. Oktavia (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) DAN TALKING STICK (TS) PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA N 1 PANGURURAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163141026 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM. 4163141026 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 4163141026 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 4163141026 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 4163141026 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4163141026 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 4163141026 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 4163141026 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS) pada sub materi invertebrata di kelas X IPA SMA Negeri 1 Pangururan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan X IPA 2 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick (TS). Teknik analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 pada data pretest yaitu sebesar 57,12 dan 57,12. Pada nilai post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu sebesar 85,30 dan 81,21. Sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 pada data pretes yaitu sebesar 85,41 dan 85,32. Pada nilai post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu sebesar 87,31 dan 86,79. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS), hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel = (2,01 > 1,669). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS), hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel = (1,793 > 1,669).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 124 |
Keywords: | Hasil belajar; Motivasi; Think talk write; Talking stick ; Pembelajaran kooperatif; Invertebrata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 22:14 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 22:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42553 |