PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI LICHENES DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Nainggolan, Farizah Handayani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI LICHENES DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161141020 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161141020 JUDUL.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161141020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161141020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161141020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161141020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161141020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161141020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161141020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161141020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161141020 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161141020 BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161141020 V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161141020 V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161141020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161141020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (aspek kognitif dan afektif) pada Materi Lichenes di Universitas Negeri Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Februari-April 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan postest, serta lembar Kerja Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menguji hipotesis. Hasil belajar materi lichenes (kognitif dan afektif) mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2019 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media articulate storyline lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang masih diajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan tanyak jawab yaitu aspek kognitif kelas eksperimen rata-rata 86,36 dan afektif 63,03%. sedangkan aspek kognitif kelas kontrol adalah 82,2 dan afektif sebesar 62,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 103
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Articulate storyline; Lichenes; Audiovisual; Pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jun 2021 19:30
Last Modified: 16 Jun 2021 19:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42546

Actions (login required)

View Item
View Item