Lita, Arin Tria Anggre (2020) ANALISIS PERANAN KULIAH LAPANGAN DALAM MATA KULIAH TAKSONOMI SPERMATOPHYTA DI JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162141006 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2. NIM. 4162141006 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. NIM. 4162141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 4162141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4162141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 4162141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 4162141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 4162141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kuliah lapangan terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam mata kuliah Taksonomi Spermatophyta pada mahasiswa jurusan biologi di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah 255 mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan. Sampel yang dalam penelitian ini adalah 72 mahasiswa biologi yang sudah mengambil mata kuliah taksonomi spermatophyta, yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket diberikan kepada mahasiswa biologi. Hasil penelitian tentang peranan kuliah lapangan pada mata kuliah Taksonomi Spermatophyta mahasiswa jurusan biologi pada aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata 75,5%. Jika dilihat dari setiap indikator dari aspek kognitif maka diperoleh hasil 77,0% untuk indikator pengetahuan, 80,0% untuk indikator pemahaman, 76,0% untuk indikator penerapan, 72,0% untuk indikator analisis, 77,0% untuk indikator sintesis, dan 71,0% untuk indikator evaluasi. Untuk aspek afektif diperoleh nilai rata-rata 83,6%. Jika dilihat dari setiap indikator dari aspek afektif maka diperoleh hasil 84,0% untuk indikator menerima, 81,0% untuk indikator menanggapi, 81,0% untuk indikator menilai, 83% untuk indikator organisasi, dan 89,0% untuk indikator karakterisasi, sedangkan untuk aspek psikomotorik diperoleh nilai rata-rata 79,0%. Jika dilihat dari setiap indikator dari aspek psikomotorik maka diperoleh hasil 78,0% untuk indikator peniruan, 80,0% untuk indikator penggunaan, 84,0% untuk indikator ketepatan, 77,0% untuk indikator perangkaian, dan 76,0% untuk indikator naturalisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 129 |
Keywords: | Kuliah lapangan; Spermatophyta; Taksonomi; Gymnospermae; Kognitif; Afektif; Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 23:57 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 23:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42536 |