Marwan, Ahmad (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri 104260 Melati. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182003 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8176182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
3. NIM. 8176182003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 8176182003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 8176182003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8176182003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 8176182003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 8176182003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
13. NIM. 8176182003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 8176182003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat
tinggi pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 104260 Melati. Instrumen penelitian ini meliputi observasi keterampilan proses sains dan Tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample Tes (Uji t). Nilai rata- rata keterampilan proses sains pada kelas inkuiri terbimbing sebesar 81,62 dan pada kelas model pembelajaran direct
instruction sebesar 79,02. Pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran pada tema panas dan perpindahannya,
dengan skor thitung (2,384)> ttabel (2,004) untuk n= 56, α=0,05 dan sig. 2 tailed (0,021)<α=0,05, Sehingga H₀ di tolak. maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Nilai
rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas inkuiri terbimbing sebesar 75,57 dan pada kelas model pembelajaran direct instruction. Sebesar 67,43. Hasil
analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mempunyai nilai thitung (3,597)> ttabel (2,004) untuk n= 56, α=0,05 dan sig. 2 tailed (0,001)<α=0,05, Sehingga H₀ di
tolak dan Ha diterima. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswapada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 104260 Melati.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Mar p |
Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 01:12 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42420 |