Nuari, Rizal (2020) Pengaruh Model Pembelajan Discovery Learning dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPS di SD Negeri 06 Ketol Kabupaten Aceh. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176181017 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8176181017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 8176181017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8176181017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 8176181017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 8176181017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8176181017 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 8176181017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176181017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 8176181017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8176181017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dengan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD), Mengetahui interaksi model pembelajaran Discovery Learning dengan gaya belajar pada siswa dalam menngkatkan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 06 Ketol Kabupaten Aceh Tengah Tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes gaya kognitif dan tes hasil belajar IPS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction (Fhitung = 15,681 dan nilai sig. 0,000 > 0,05), Hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (Fhitung = 4,395 dan nilai sig. 0,043 > 0,05) dan Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 7,696 dan nilai sig. 0,009 > 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Nua p |
Keywords: | Discovery Learning; Gaya Kognitif; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:27 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42394 |