Lubis, Syarief Sa’adillah (2020) Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Budaya Batak. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175021 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8166175021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 8166175021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
4. NIM. 8166175021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM. 8166175021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 8166175021 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8166175021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 8166175021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 8166175021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
13. NIM. 8166175021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 8166175021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar Fisika berbasis budaya Batak dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa yang dalam implementasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan berupa buku guru, buku siswa, tes hasil belajar. Aspek budaya Batak diintegrasikan ke dalam fase-fase model pembelajaran kooperatif. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Batak yaitu Dalihan Natolu sebagai sistem sosial budaya Batak dalam menyelesaikan permasalahan yang diangkat dari ilustrasi budaya Batak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Kotanopan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis budaya Batak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori baik setelah menerapkan bahan ajar fisika SMA berbasis budaya Batak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Lub p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Fisika; Budaya Batak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 20:05 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 20:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42359 |