Adelia, Windah Sari (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Tahapan Berpikir Kreatif Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8166172066 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 8166172066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. 8166172066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. 8166172066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. 8166172066 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
6. 8166172066 TABELS.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7. 8166172066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
8. 8166172066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
12. 8166172066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. 8166172066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau berdasarkan tahapan berpikir kreatif setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah; (2) deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran berbasis masalah; (3) kesulitan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tahapan berpikir kreatif setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – B SMP Swasta Karya Bhakti Medan yang berjumlah 26 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah dan proses jawaban siswa, berdasarkan tahapan berpikir kreatif, berdasarkan indikator dan aspek kesulitan.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap mensintesis ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 42,85%, kategori sedang berjumlah 3 orang siswa sebanyak 42,85%, kategori tinggi berjumlah 1 orang sebanyak 14, 28%; tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap merencanakan penerapan ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 60%, kategori sedang berjumlah 2 orang siswa sebanyak 40%; tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap menerapkan ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 75%, kategori sedang berjumlah 1 orang siswa sebanyak 25%; (2) proses jawaban siswa dalam pemecahan masalah pada model pembelajaran berbasis masalah yaitu: a) pada kategoti tinggi dengan tahap mensintesis ide, siswa menyelesaikan masalah pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan menyelesaikan masalah; b) pada kategori sedang dengan tahap merencanakan penerapan ide, siswa menyelesaikan masalah pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan menyelesaikan masalah tetapi salah perhitungan; c) pada kategori rendah dengan tahap menerapkan ide, siswa belum mampu menyelesaikan masalah pada indikator – indikatornya. (3) kesulitan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu: a) pada indikator tinggi dengan tahap mensintesis ide, siswa tidak mengalami kesulitan; b) pada kategori sedang dengan tahap merencanakan penerapan ide, siswa mengalami kesulitan pada aspek prinsip, dan prosedur; c) pada kategori rendah dengan tahap menerapkan ide, siswa mengalami kesulitan pada aspek konsep, prinsip, dan prosedur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ade a |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Matematika; Tahapan Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 19:12 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 19:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42358 |