Damanik, Togi Martua (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176166013 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 8176166013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176166013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 8176166013 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM. 8176166013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8176166013 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8176166013 LIST OAF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8176166013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 8176166013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
13. NIM. 8176166013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
14. NIM. 8176166013 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
Abstract
Untuk mewujudkan keberhasilan peningkatan pendidikan harus melakukan upaya dari berbagai
sisi yakni memperhatikan seluruh komponen yang berperan penting seperti peningkatan kualitas
dosen, kurikulum, sarana dan prasarana, manajemen dan partisipasi masyarakat. E-modul dengan
aplikasi sigil sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan dikarenakan fasilitas konten tutorial
yang mendukung baik deskripsi dalam teks, gambar, maupun video sehingga mahasiswa memiliki
ketertarikan, mampu memahami dan mereview kembali materi pembelajaran dengan baik dan
memotivasi untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk kelayakan dan efektifitas e�modul berbasis problem solving yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar mata
kuliah Pengantar akuntansi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas HKBP
Nommensen Medan sebanyak 6 kelas yakni kelas AA1 sampai dengan AA6 dan sampel penelitian
adalah kelas AA4 dan AA5. Analisa yang digunakan adalah uji beda atau uji t. Hasil penelitian
diperoleh sebagai berikut: 1) E-modul Pengantar Akuntansi I yang dikembangkan efektif
digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar akuntansi
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan, 2) E-modul berbasis
problem solving yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah
Pengantar Akuntansi I mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Dari
hasil yang telah diperoleh disarankan kepada mahasiswa bahwa penggunaan komputer dan
android (handphone) dapat dimaksimalkan dalam proses belajar. melalui pengembangan e-modul
ini diharapkan mahasiswa lebih giat belajar khususnya mata kuliah pengantar akuntansi 1sehingga
lebih mudah dalam memahami dan menguasai mata kuliah tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 657.07 Dam p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul; Hasil Belajar; Pengantar Akuntansi 1 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2021 01:56 |
Last Modified: | 21 May 2021 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42213 |