PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Situmorang, Romasi Juliani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4163131024 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4163131024 COVER.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4163131024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4163131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4163131024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4163131024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4163131024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4163131024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4163131024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4163131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4163131024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4163131024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4163131024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4163131024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4163131024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4163131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Medan.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,934. Berdasarkan hasil uji statistika parametrik, data hasil pretest, posttest, dan aktivitas belajar siswa berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji
hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung> ttabel yakni 7,1284 > 1,6749 untuk aktivitas belajar siswa dan 3,7269 > 1,6749 untuk hasil belajar siswa, yang berarti ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing lebih tinggi dibanding aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction. Untuk korelasi aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing diperoleh rhitung = 0,874, sedangkan rtabel pada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 098
Keywords: Inkuiri terbimbing; Direct instruction; Hasil belajar; Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2021 01:25
Last Modified: 21 May 2021 01:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42209

Actions (login required)

View Item
View Item