Astari, Wanty (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kolaboratif Menggunakan Macro Media Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Angkasa 2 LANUD Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182077 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8156182077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 8156182077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8156182077 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 8156182077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 8156182077 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8156182077 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8156182077 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 8156182077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM. 8156182077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
14. NIM. 8156182077 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbasis kolaboratif menggunakan macromedia flash erhadap hasil belajar siswa; 2) pengharuh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; 3) interaksi antara model pembelajaran langsung (direct instruction) dan inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Angkasa 2 LANUD Medan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas Va dan Vb yang diambil dengan cara cluster random sampling. Kelas Va sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif, sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung terpilih kelas Vb. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif, dimana pengaruh dengan model eksperiment lebih baik dari pada pembelajaran langsung; 2) Ada pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa , dimana motivasi tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar rendah; dan 3) Tidak ada interaksi antara motivasi belajar pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif maupun pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan antara model pembelajaran dan motivasi belajar tidak saling mempengaruhi dan menolak hipotesis ketiga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ast p |
Keywords: | Hasil Belajar; Media macromediaflash; Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 03:11 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42150 |