Sihotang, Rondang Widya Kusumawati (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thingking Skills Pada Materi Teks Ulasan Dan Eksplanasi Di Kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166192023 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 NIM. 8166192023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3 NIM. 8166192023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4 NIM. 8166192023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5 NIM. 8166192023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6 NIM. 8166192023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7 NIM. 8166192023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8 NIM. 8166192023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9 NIM. 8166192023 BAB I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
13 NIM. 8166192023 BAB V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
14 NIM. 8166192023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS pada materi teks ulasan dan eksplanasi di kelas XI SMA dan kualitas nya yang dikemas dalam bentuk bahan cetak. Pengembangan instrumen penilaian dan kualitas instrumen penilaian diperoleh melalui survey, validasi produk oleh materi dan penilaian
dan uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development pengembangan Level 1 Richey and Klein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS pada materi teks ulasan dan eksplanasi didasarkan pada potensi dan masalah, studi literature, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain meliputi validasi ahli materi dan ahli
evaluasi, revisi produk saran dari validator dan guru desain teruji yang diujicobakan kepada siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan. 2) Kualitas instrumen penilaian diperoleh dari hasil validasi berikut, presentase rata-rata seluruh sub komponen dari
hasil validasi ahli materi pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 91,6% dengan kategori ―sangat baik‖, dan presentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli evalusi bentuk instrumen pilihan berganda adalah 92.3%, untuk instrumen bentuk uraian diperoleh 92.2% , seluruh penilaian ahli evaluasi pada kategori ―sangat baik‖. Hasil respon guru memiliki total presentase rata-rata 93.7 % dan pada criteria ―sangat baik‖. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh skor rata-rata 85.5. Disimpulkan
bahwa penelitian ini membantu guru dalam menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui penilaian berbasis HOTS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.72 Sih p |
Keywords: | pengembangan; instrumen penilaian; high order thingking skills; teks eksplanasi; teks ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:48 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42146 |