Sinaga, Jeksen Kristian (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121011 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4161121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. NIM 4161121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM 4161121011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 4161121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM 4161121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM 4161121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4161121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis di SMA yang telah dikembangkan, (2) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis di SMA yang telah dikembangkan, (3) Untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis di SMA yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik terhadap bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 93% dan ahli media 92%. (2) tingkat
kepraktisan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis di SMA yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan melibatkan 6 responden memperoleh presentasi 87,61% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 30 responden memperoleh presentasi sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis (3) tingkat keefektifan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis di SMA yang telah dikembangkan yaitu kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain score sebesar 0,70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 062 |
Keywords: | Bahan ajar; Inkuiri terbimbing; Fluida dinamis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2021 20:37 |
Last Modified: | 16 May 2021 20:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42108 |