Nurza, Ulfa Maya Sari (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Organ Gerak Pada Manusia Di Kelas V SD Negeri 050666 Lubukdalam Kecamatan Stabat. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182054 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 8176182054 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM 8176182054 ABSTRACT ENGLISH.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 8176182054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM 8176182054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 8176182054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 8176182054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 8176182054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 8176182054 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM 8176182054 BAB V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM 8176182054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi organ gerak pada manusia di kelas V SD Negeri 050666 Lubukdalam Kecamatan Stabat; (2) Peningkatan Keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada mata materi organ gerak pada manusia di kelas V SD Negeri 050666 Lubukdalam Kecamatan Stabat; (3) Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi organ gerak pada manusia di kelas V SD Negeri 050666 Lubukdalam Kecamatan Stabat; (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran inquiry pada mata materi organ gerak pada manusia di kelas V SD Negeri 050666 Lubukdalam Kecamatan Stabat. Penelitian menggunakan pretest dan posttest non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis. Adapun analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Dari hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, hal ini berdasarkan nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak; (2) terdapat peningkatan peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran inquiry, hal ini berdasarkan nilai gain score; (3) model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, hal ini berdasarkan nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung ¬bernilai positif sehingga H0 ditolak; (4) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran inquiry, hal ini berdasarkan gain score.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Nur p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 May 2021 02:21 |
Last Modified: | 10 May 2021 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42093 |