Panjaitan, Agustina Hariani (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa yang Memperoleh Model Discovery Learning dengan Pembelajaran Biasa di SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176172003 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 8176172003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (923kB) | Preview
3. NIM 8176172003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 8176172003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 8176172003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 8176172003 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM 8176172003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8176172003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8176172003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM 8176172003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning dengan pembelajaran biasa, (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) perbedaan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning dengan pembelajaran biasa, (5) perbedaan self-efficacy siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (6) pengaruh interaksi antara model discovery learning dan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tambangan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 160 siswa dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Jenis pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian dipilih dari dua kelas, yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 26 siswa memperoleh model discovery learning dan kelas VIII-2 yang terdiri dari 26 siswa memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy. Uji statistik data menggunakan Uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (5) terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (6) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap self-efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Pan p |
Keywords: | Model Discovery Learning; Pembelajaran Biasa; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self-Efficacy; Kemampuan Awal Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 08:40 |
Last Modified: | 05 May 2021 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42075 |