Purba, Desi Natalia (2021) Model Problem Based Learning Berorientasi Lesson Study Menggunakan Media Adobe Flash dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142008 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8186142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
3. NIM. 8186142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 8186142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 8186142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8186142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 8186142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 8186142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 8186142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 8186142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM. 8186142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model problem based learning berorientasi lesson study menggunakan media adobe flash dibandingkan dengan model direct instruction; peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dibandingkan dengan motivasi rendah; dan interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai T.A. 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa tes objektif kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel, angket motivasi belajar, dan lembar observasi lesson study. Teknik analisis data yang digunakan Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada data yang telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model problem based learning berorientasi lesson study menggunakan media adobe flash lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction dengan nilai sig (0,000).; peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah dengan nilai sig (0,015); dan ada interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig (0,003).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Pur e |
Keywords: | problem based learning; lesson study; adobe flash; motivasi belajar; kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 08:02 |
Last Modified: | 05 May 2021 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42070 |