Sipahutar, Anwar (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATERI SISTEM GERAK PASIF PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XI IPA SMA N 7 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163341009 COVER.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2. NIM 4163341009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM 4163341009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 4163341009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4163341009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9. NIM 4163341009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 4163341009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
14. NIM 4163341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada materi sistem gerak pasif pada masa pandemi covid 19 di
SMA Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 180. Sampel penelitian diambil secara acak yang
berjumlah 72 orang. Dimana kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe JIGSAW adalah kelas XI IPA 4 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 72 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sistem gerak pasif pada manusia. Dimana nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi yaitu sebesar 82,41. Sedangkan nilai rata-rata dengan menggunkan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD yaitu sebesar 79,04. Perbedaan hasil belajar yang siswa terbukti melalui pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 0,05, dimana thitung > tTabel (2,83 > 1,99). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD pada materi sistem gerak pasif pada masa pandemi COVID 19 di kelas XI IPA SMA N 1 Medan T/P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 064 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran daring; Sistem gerak; Jigsaw; Hasil belajar; Covid 19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 May 2021 03:54 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42043 |