Hasibuan, Ummi Kalsum (2020) Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Ekologi Di Kelas VII MTs Berbasis Penemuan Terbimbing Dengan Memanfaatkan Lingkungan Kebun Sayur Dalam Pengetahuan Dan Keterampilan Proses Sains. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156174035 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 8156174035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 8156174035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156174035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 8156174035 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8156174035 TABELS.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 8156174035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
8. NIM. 8156174035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 8156174035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM. 8156174035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 8156174035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar biologi topik ekologi kelas VII MTs berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) dengan memanfaatkan lingkungan kebun sayur dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 238 orang terdiri dari 6 (enam) kelas, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah VII-1 dengan jumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen, kelas VII-2 dengan jumlah 40 orang sebagai kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non equivalent pretest posttest control group design. Seluruh data dianalisa dengan menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar biologi topik ekologi kelas VII MTs berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) dengan memanfaatkan lingkungan kebun sayur efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditunjukkan oleh pengetahuan siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar ekologi yang dikembangkan hasil dimana pengetahuan siswa berbeda signifikan (thitung=4,992, P=0,000) dan keterampilan proses sains siswa juga berbeda signifikan (thitung=5,027, P=0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 581.72 Has e |
Keywords: | penemuan terbimbing; pengetahuan; keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH705 Economic biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:22 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42027 |