PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AK-1 SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2019/2020

YANTI, NOVA (2020) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AK-1 SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161142023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161142023 COVER.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161142023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161142023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (766kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161142023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161142023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161142023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161142023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161142023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161142023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161142023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161142023 TABLES.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161142023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161142023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161142023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161142023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7161142023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7161142023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161142023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161142023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa juga hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model
Blended Learning berbasis aplikasi Google Classroom lebih tinggi secara signifikan daripada kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan metode konvensional siswa kelas XI AK-1 di SMK Negeri 1 Medan T.P 2019/2020, 2) Hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model blended learning berbasis aplikasi google classroom lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar menggunakan metode konvensional siswa kelas XI AK-1 di SMK Negeri 1 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No.1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 4 kelas dan mempunyai siswa berjumlah 140 Orang. Dimana sampel yang diambil ialah 2
kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa. Kelas XI AK 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK3 sebagai kelas kontrol. Instrument dari penelitian ini terdiri dari tes pilihan ganda dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis yang digunakan untuk uji asumsi klasik yakni uji Kolmogorov Smirnov untuk uji Normalitas, Uji Homogenitas. Untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan Uji-t.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat nilai rata-rata model Blended learning berbasis aplikasi google classroom terhadap kemandirin belajar siswa lebih tinggi dari model konvensional hal ini terbukti melalui perhitungan spss
dengan nilai Sig 2-Tailled pada Variabel Kemandirian Belajar 0,043 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model blended learning terhadap Kemandirian Belajar. Terdapat perbedaan perbedaan model Blended learning berbasis aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa hal ini terbukti melalui perhitungan spss dengan Diketahui nilai Sig 2-Tailled pada Variabel Kemandirian Belajar 0,005 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model blended learning terhadap Hasil Belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai kemandirian belajar dan hasil belajar lebih tinggi daripada menggunakan model konvensional pada mata pelajaran persediaan barang dagang siswa kelas XI AK1 di SMK Negeri 1 Medan T.P 2019/2020. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya ialah menerapkan blended learning terhadap motivasi,minat, berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Google Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:35
Last Modified: 21 Apr 2021 06:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41886

Actions (login required)

View Item
View Item